EKSPEDISI ACITYA MERATUS MAPALA STACIA UMJ

 

[Dokumentasi kegiatan] :  peserta Ekspedisi Acitya Meratus di puncak gunung Halau-Halau, Kalimantan Selatan
MapalaSTACIA – EKSPEDISI, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) STACIA Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) telah berhasil melaksanakan Ekspedisinya, yang diberi nama  Ekspedisi Acitya Meratus yang berlangsung pada 6 – 22 Agustus 2018.  Dengan tema “Semangat Edukasi, Mewujudkan Generasi Muda yang Peduli Kearifan Lokal dan Berintegritas.” Berlokasi di Desa Juhu dan Gunung Halau – Halau, Kabupaten Hulu sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

[dokumentasi Kegiatan] : foto bersama peserta ekspedisi bersama anak sekolah dasar  Abdurrahman Wahid
Ekspedisi Mapala STACIA UMJ kali ini bertujuan Pengabdian masyarakat, Eksplorasi Budaya, dan Pendataan tanaman obat. sebagai bentuk dari kepedulian kami generasi muda Indonesia kepada saudara sebangsa, kepada Alam dan mahluk hidupnya.

Pada Ekspedisi Acitya Meratus, kali ini Mapala STACIA UMJ melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan sekaligus memberikan Bantuan Sosial secara langsung di Desa Juhu. Tepatnya di SD Abdurrahman Wahid. Dengan cara membagikan Buku – buku , Alat tulis, dan juga mengajarkan kepada para siswa/i mengenai pentingnya kebersihan pada diri sendiri maupun lingkungan.

[dokumentasi ekspedisi] : peserta ekspedisi sedang melakukan pengamatan tanaman-tanaman obat 
Selain itu Mapala STACIA UMJ juga Melakukan Pendataan tanaman obat yang biasa digunakan masyarakat desa setempat. Lebih tepatnya di pemukiman Desa Juhu, Kecamatan Batang Alai Timur. Kabupaten Sungai Hulu Tengah. Pendataan tanaman tersebut dilakukan selama 2 hari dengan menggunakan metode kuisioner yang dibagikan langusung kepada warga desa, sekaligus mengambil dokumentasi untuk setiap tanaman yang sudah di data.

Setelah melakukan rangkaian kegiatan, Ekspedisi ditutup dengan melakukan kegiatan pendakian di Gunung Halau – Halau, puncak tertinggi di Kalimantan Selatan. Ekspedisi kali ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai syarat untuk Anggota Muda Mapala STACIA mendapatkan Nomer Registrasi Anggota (NRA).

Lihat lebih banyak lagi di : https://www.youtube.com/watch?v=CXN3sGrXLcE

 

 

 

 

Related Images: